Cara Cepat Dan Alami Menurunkan Berat Badan

Setiap orang pasti punya dambaan untuk memiliki berat badan yang ideal. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi berat badan, misalnya faktor genetika dan faktor gaya hidup seseorang.


Bagi orang yang memiliki berat badan berlebih, akan susah untuk menurunkannya kembali. Untuk menjaga berat badan tetap ideal adalah menjaga pola makan, asupan gizi, olahraga yang teratur, dan lain sebagainya.

Memiliki berat badan berlebih, ada dua pilihan untuk bisa menurunkannya, yakni:

1. Secara Cepat [Instan]

Menurunkan berat badan secara instan/cepat biasanya disarankan menggunakan:

>> Suplemen,
>> Obat,
>> Operasi bagian tubuh tertentu.

Namun, secara instan lebih besar resikonya. Misalnya kegagalan, karena tubuh seakan-akan dipaksa untuk mendapatkan berat yang ideal.

2. Secara Alami

Menurunkan berat badan secara alami merupakan pilihan terbaik yang bisa dicoba, seperti:

>> Menjaga Pola Makan Atau Diet.

Jagalah pola makan dengan asupan kalori dan nutrisi yang benar dan tepat. Mengatur pola makan dengan mengurangi jumlah makanan adalah bukan cara yang tepat. Karena itu bisa membuat tubuh menjadi lemas, dan berkurangnya kekebalan tubuh.

Diet yang benar adalah menurunkan lemak tubuh dengan makan makanan sehat 5-6 kali sehari dengan porsi kecil, dan berhenti makan sebelum rasa kenyang tercapai.
Jadi pola makan yang benar itu adalah mengurangi jumlah kalori makanan, bukan mengurangi jumlah volume makanan.

Harus sering makan tapi ganti menunya yang berasal dari sumber karbohidrat. Karbohidrat yang cocok untuk dikonsumsi adalah yang memiliki nilai glikemik "rendah-sedang".
Contohnya: nasi merah, roti gandum, ubi, wortel, buncis, taoge, sayuran hijau seperti sawi, bayam, kangkung, dan buah-buahan dengan rasa manis sedang dan berserat tinggi seperti apel, belimbing, dan pepaya.

Mengkonsumsi protein tinggi seperti daging rendah lemak, dada ayam, ikan tuna, dan salmon.
Jadi, hindari atau kurangi makan nasi putih. Hindari makan gorengan, makanan berlemak jahat [Saturated Fat], makanan yang terlalu manis, dan makanan yang asin.
Atau konsumsilah itu secukupnya kalau memang harus dibutuhkan. Jangan minum susu rendah lemak, minumlah susu non fat secara teratur.

Kalsium 1 gram per hari dari susu non fat, akan mengurangi lemak apabila rutin dikonsumsi selama beberapa bulan.
Makan masih bisa setelah jam 7 malam, tapi beri jarak selama 2 jam sebelum tidur. Konsumsilah buah dan sayuran berserat sebagai pengganti menu karbohidrat dari makanan pokok, ditambah dengan meminum susu non fat.

>> Olahraga Dengan Teratur.

Disarankan olahraga dengan teratur untuk membakar lemak tubuh, seperti low impact aerobic, jogging, atau lari di treadmill sekitar 20 menit setelah bangun tidur sebelum makan.
Dengan olahraga akan membakar lemak tubuh lebih banyak apabila dilakukan setelah bangun tidur dan belum mengkonsumsi apa-apa selain air putih.

>> Minum Air Putih.

Selain untuk menghindari kekurangan cairan [Dehidrasi], air putih juga ikut membantu proses metabolisme tubuh. Minumlah air putih sebanyak 4 liter perhari, untuk mempercepat perbaikan sel tubuh yang rusak dan membantu menghilangkan tumpukan mineral yang tidak berguna pada tubuh.

Baca Juga : Cara Cepat Submit Postingan Ke Mesin Pencari Google

Demikianlah Cara Cepat Dan Alami Menurunkan Berat Badan, dan semoga bermanfaat.