Penyakit Akibat Menggunakan Kipas Angin Saat Tidur

Ketika suhu di dalam kamar terasa panas, banyak orang yang menggunakan kipas angin supaya tidak gerah dan agar bisa tidur dengan nyenyak.

Ternyata, kebiasaan tidur menggunakan kipas angin akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dan juga akan memicu terjadinya berbagai macam penyakit, bahkan kematian.


Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab seseorang meninggal dunia saat tidur dengan kipas angin menyala, seperti : aritmia, gangguan cerebrovaskular, serta embolisme paru-paru.

Menggunakan kipas angin secara terus-menerus  saat tidur, akan dapat memicu berbagai penyakit seperti :

1. Hipertermia

Hipertermia terjadi ketika suhu tubuh seseorang berada di atas normal, dan terus berada di tingkatan tersebut dalam jangka waktu yang lama. Umumnya terjadi pada orang-orang lanjut usia.

Ketika suhu udara berada pada suhu 32°C, sebaiknya jangan menyalakan kipas angin di dalam ruangan tertutup tanpa ventilasi udara. Namun bisa juga dinyalakan ketika jendela terbuka atau ketika panas dalam ruangan lebih rendah daripada di luar.

2. Asfiksia

Asfiksia terjadi karena berkurangnya pasokan oksigen ketika bernapas dalam waktu yang lama. Dan jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa mengakibatkan kematian. Namun, ini hanya dapat terjadi di dalam ruangan tertutup tanpa ventilasi udara.

Pada suhu ideal, perputaran udara dari kipas angin dan pertukaran udara melalui ventilasi dapat menjaga percampuran gas dan kadar CO2 tetap normal.

3. Hipotermia

Hipotermia terjadi ketika suhu tubuh berkurang drastis hingga 10°C dari suhu tubuh normal, tapi tidak pada seseorang yang suhu tubuhnya turun sebatas 2-3°C saja.

Dan hipotermia juga terjadi saat tubuh kehilangan panas lebih cepat daripada kemampuan tubuh dalam memproduksi hawa panas. Sehingga kondisi ini mengakibatkan suhu tubuh turun, terganggunya sistem saraf, jantung, dan organ-organ tubuh lainnya.

Ketika malam makin larut, akan semakin beresiko mengalami hipotermia karena metabolisme tubuh melambat dan makin sensitif terhadap temperatur di lingkungan sekitar.
Dengan kondisi seperti ini, penggunan kipas angin saat tidur sangat dikhawatirkan akan mengalami kehilangan suhu tubuh secara drastis.

Baca Juga : Kandungan Dan Manfaat Buah Blueberry

Itulah Penyakit Akibat Menggunakan Kipas Angin Saat Tidur, dan semoga bermanfaat.