Penyebab Dan Cara Mengatasi Telinga Bernanah

Saluran yang menghubungkan telinga bagian tengah ke belakang hidung dan tenggorokan lebih pendek pada anak-anak daripada dengan orang dewasa. Dan saluran itu biasanya disebut dengan nama Pipa Eustachius.

Itulah yang membuat mikroorganisme mudah masuk sehingga menyebabkan infeksi gendang telinga. Infeksi gendang telinga kebanyakan dialami oleh anak-anak di bawah umur 10 tahun.


Telinga bernanah awalnya dialami oleh mereka yang sedang mengalami pilek atau infeksi saluran pernapasan atas. Cairan dari saluran napas akan tertumpuk di telinga tengah melalui pipa eustachius, dan kemudian menciptakan suatu wadah yang sempurna bagi kuman dan virus untuk berkembang biak.

Telinga bernanah atau istilah medis otitis media, biasanya disebabkan oleh adanya infeksi pada telinga di bagian tengah. Penumpukan nanah pada telinga akan menimbulkan rasa sakit dan harus segera diatasi agar tidak mengalami gangguan pendengaran.

Ada beberapa gejala yang ditunjukkan khususnya pada anak-anak yang mengalami infeksi gendang telinga diantaranya :

- Rasa sakit pada telinga.
- Lesu.
- Mudah kesal.
- Suka menangis.
- Tidak mau makan.
- Resah.
- Demam dan muntah-muntah.

Pada saat terjadi infeksi, saluran pernapasan akan membengkak karena proses peradangan yang dibentuk oleh tubuh. Sumbatan pada pipa eustachius menyebabkan udara tidak bisa masuk ke telinga tengah sehingga terjadi suatu kondisi vakum yang akan menarik cairan serta kuman dari hidung dan tenggorokan ke telinga bagian tengah.

Ketika kuman masuk ke telinga tengah, sel darah putih tubuh akan bereaksi untuk menghilangkan infeksi dan mencegah kerusakan yang lebih luas. Kumpulan sel darah putih yang mati melawan infeksi inilah yang disebut nanah. Nanah itu lama-kelamaan akan menumpuk sehingga menekan gendang telinga dan mengakibatkan gendang telinga menjadi menonjol.

Pada tingkatan yang ringan, selain pengobatan medis, mengatasi telinga bernanah masih bisa dilakukan secara alami untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, yaitu dengan cara di bawah ini :

1. Kompres telinga yang sakit dengan air dingin selama beberapa menit. Hindari suhu air yang terlalu dingin karena dapat menyebabkan radang dingin.

2. Jika air dingin tidak membantu, kompres dengan air hangat di bagian luar telinga yang sakit. Dan lakukan dengan hati-hati agar air jangan sampai masuk ke saluran telinga.

3. Banyak menggerakkan mulut, seperti mengunyah atau menguap. Karena itu dapat membantu meredakan tekanan telinga bagian tengah. Kadang akan terdengar suara letupan yang menandakan pipa eustachius terbuka dan tertutup untuk menyeimbangkan tekanan.

4. Banyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi.

Selain dengan cara alami tersebut, obat-obatan pereda rasa sakit atau demam pun bisa diberikan dengan resep dokter. Dan jika telinga bernanah semakin parah, segeralah berobat ke rumah sakit.

Baca Juga : Cara Membuat Payload Dengan Benar

Demikianlah Penyebab Dan Cara Mengatasi Telinga Bernanah, dan semoga bermanfaat.