Solusi Untuk Diet Yang Benar

Diet merupakan salah satu usaha untuk menurunkan berat badan, atau untuk mengurangi kegemukan. Ketika melakukan diet, pasti banyak yang mengalami kegagalan, dan banyak juga yang berhasil.


Salah satu faktor utama kegagalan saat diet adalah salah dalam mengatur pola makan. Berikut adalah beberapa solusi untuk diet yang benar, yakni :

1. Kurangi Makanan Berlemak.

Secara umum, semakin sedikit mengkonsumsi makanan, semakin rendah kandungan lemak di dalam tubuh. Dan semakin banyak lemak yang dikonsumsi, semakin sedikit nutrisi yang diserap oleh tubuh. Banyak solusi untuk mengurangi makanan berlemak, seperti :

>> Lebih baik mengkonsumsi kentang panggang daripada kentang goreng atau keripik goreng.
>> Lebih baik makan roti whole wheat daripada croissant.
>> Jika mengkonsumsi salad, gunakan mayonaise atau salad dressing yang rendah lemak.
>> Jika mengkonsumsi gado-gado, jangan terlalu banyak mencampur sayur dengan bumbu kacang.
>> Batasi mengkonsumsi makanan yang manis-manis yang kaya akan lemak.
>> Ketika membeli makanan kalengan, biasakan untuk membaca label nutrisi. Pilih yang kandungan lemaknya tidak lebih dari 3 gram per 100 kalori.

2. Biasakan Untuk Sarapan.

Sarapan mempunyai peranan penting bagi setiap orang, khususnya bagi yang melakukan diet. Jika seseorang yang lagi diet tidak sarapan, siangnya akan merasa lapar, dan akan tergoda untuk ngemil.

Bekerja dengan perut kosong juga akan menyulitkan untuk konsentrasi. Hindari sarapan makanan yang manis-manis, karena itu akan membuat merasa kenyang dan cepat mengantuk. Kontrol selera makan dengan sarapan berkomposisi karbohidrat yang seimbang.

Konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti sayur, buah, dan sereal untuk menstabilkan gula darah sehingga menimbulkan rasa kenyang.

3. Hindari Makanan Terlalu Manis.

Jika ingin diet yang serius, jangan biasakan makan makanan yang manis sehabis makan seperti kue atau roti.
Dan hindari juga minuman yang mengandung beberapa jenis gula seperti sirup atau jus. Hindari minuman bersoda atau pilihlah minuman bersoda yang bebas gula.

4. Konsumsi Kacang-kacangan Secara Teratur.

Mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang merah, kacang tanah, kacang mete, lentil, dan buncis sangat bagus untuk diet.

Karena jenis makanan tersebut adalah jenis makanan yang rendah lemak, kaya akan serat, mengandung karbohidrat dan protein, dan mengeyangkan. Dan jenis makanan itu mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi wanita.

Konsumsilah kacang-kacangan dengan teratur secara perlahan-lahan, untuk memberi kesempatan pada tubuh untuk menyesuaikan diri dengan perubahan penambahan serat pada diet.

Perhatikan kadar sodium, garam, serta cara pengolahan makanan tersebut. Jenis makanan tersebut bisa diracik menjadi berbagai macam makanan seperti salad, sop, gado-gado, atau bubur kacang.

5. Konsumsi Makanan Berserat.

Ada banyak jenis makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan produk-produk gandum. Dan jika merasa bosan dengan itu, bisa diganti dengan roti putih, roti whole grain, mie, sereal, atau pasta.

Untuk mendapatkan rasa yang lezat, bisa mencampurkan sereal dengan buah-buahan segar, atau roti tersebut dengan irisan daging dada ayam dan sayuran. Ganti cemilan dengan buah-buahan segar saja.

6. Buatlah Catatan Saat Diet.

Dengan membuat buku catatan diet, akan lebih berhati-hati setiap ingin mengkonsumsi makanan. Setiap mengkonsumsi sesuatu makanan, harus menuliskannya di catatan tersebut.

Catatan itu akan membantu untuk menunjuk dengan tepat situasi apa yang membuat untuk makan berlebihan. Dan sekaligus akan menuntun untuk membedakan antara makan karena nafsu dan makan dengan kesadaran.

Demikianlah Solusi Untuk Diet Yang Benar, dan semoga bermanfaat.