Cara Mengurangi Lemak Di Perut

Mengalami perut buncit merupakan salah satu masalah atau keluhan bagi seseorang yang ingin memiliki postur tubuh yang ideal. Faktor utama yang membuat perut buncit adalah lemak yang berlebihan di perut.


Untuk mengurangi lemak di perut, ada beberapa hal yang perlu dipahami. Dan semua itu harus dilakukan dengan penuh kesabaran. Diantaranya adalah menjaga pola makan, istrahat yang cukup, dan olahraga secara teratur untuk memperbaiki metabolisme tubuh.

Perut buncit disebabkan karena tenaga yang masuk melebihi dari kebutuhan dan di simpan dalam wujud lemak. Atau karena jumlah daya yang masuk semakin besar, tapi kegiatan fisik.

Penumpukan lemak lebih gampang terjadi pada bagian tubuh yang sering beraktivitas.
Jika seseorang jarang menggunakan otot untuk beraktivitas, maka akan semakin banyak lemak yang tersimpan di dalam tubuh.
Ketika tubuh memerlukan daya untuk melakukan aktivitas, maka yang bertindak sebagai sumber tenaga adalah makanan yang menghasilkan karbohidrat, gula, atau simpanan gula dalam wujud glikogen dalam badan.

Karbohidrat berbentuk glukosa atau glikogen lebih gampang dan lebih cepat dirubah jadi daya dibandingkan dengan lemak. Pembakaran lemak akan terjadi jika sumber tenaga berbentuk karbohidrat atau gula sudah habis.

Setelah itu, lemak akan dipakai sebagai sumber daya dengan mengangkut lemak ke dalam beberapa sel otot untuk dijadikan tenaga. Lemak yang disimpan tidak akan dipakai jika sumber tenaga dari karbohidrat atau gula tetap ada.

Untuk mengurangi lemak di perut, dapat dilakukan dengan cara di bawah ini, seperti :

1. Diet/Menjaga Pola Makan.

Untuk merampingkan perut, harus mengatur jumlah konsumsi kalori tidak lebih dari 1600 kalori, dan hindari mengkonsumsi lemak berlebihan. Lemak yang baik adalah lemak tak jemu yang banyak terdapat pada minyak zaitun, alpukat, atau kacang.

Mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat untuk memperlancar proses pencernaan. Minum air putih yang cukup untuk memperlancar proses metabolisme. Hindari makanan yang mengandung banyak gula, hindari makanan yang terbuat dari tepung terigu, hindari minuman bersoda dan minuman mengandung alkohol.

Selain itu, penambahan makanan nutrisi atau suplemen dalam melakukan diet perlu dikonsumsi agar stamina dan vitalitas terus terjaga.

2. Olahraga Teratur.

Untuk mengurangi lemak di perut, sangat penting melakukan olahraga secara teratur. Untuk pagi hari, lakukan olahraga ringan seperti sit-up, aerobik, dancing, treadmill, atau renang. Dan untuk sore hari, lakukanlah dengan mengangkat beban untuk membakar karbohidrat dan diakhiri dengan olahraga ringan.

3. Melatih Otot Perut.

Dengan melatih otot perut, juga akan membantu mengurangi lemak di perut. Lakukan aktivitas dengan menggunakan otot, atau melakukan olahraga yang berhubungan dengan melatih otot perut secara terus-menerus dengan teratur.

Waktu yang tepat untuk olahraga melatih otot perut adalah pada saat perut kosong. Persediaan karbohidrat sebagai produsen gula darah mengalami kekurangan pada waktu pagi hari. Jika melakukan aktivitas atau olahraga teratur pada saat itu, maka yang dibakar adalah lemak selaku sumber tenaga.

Bagi seseorang yang tidak berhasil mengurangi lemak di perut, kemungkinan besar penyebabnya adalah melakukan kesalahan, seperti :
>> Saat atau waktu olahraga tidak tepat,
>> Lamanya olahraga tidak terkontrol,
>> Dan tipe olahraga yang tidak sesuai.

Demikianlah Cara Mengurangi Lemak Di Perut, dan semoga bermanfaat.