Cara Mendeteksi Penyakit Melalui Warna Kuku

Ada beberapa cara untuk mendeteksi penyakit yang sedang diderita oleh seseorang melalui bagian tubuh. Dan salah satu diantaranya adalah melalui warna kuku.
Bahkan, beberapa jenis penyakit dalam pun, dapat diketahui hanya dengan cara melihat perubahan warna dari kuku.


Jika seseorang mengalami perubahan warna kuku yang tidak biasa,jangan diabaikan. Itu merupakan deteksi dini adanya sesuatu penyakit berat yang sedang dialami. Sangat disarankan untuk diperiksa dan berkonsultasi kepada dokter.

Berikut adalah perubahan warna kuku dan jenis penyakit yang sedang dialami, yaitu :

1. Kuku berwarna kuning kehijau-hijauan.

Jika seseorang mengalami perubahan warna kuku seperti warna kuning kehijau-hijauan, kemungkinan dia sedang mengalami infeksi jamur. Perubahan warna tersebut, bisa juga sebagai tanda awal dari penyakit paru-paru. Atau jika warna kuku lebih ke warna kuning, bisa jadi itu menandakan menderita penyakit tiroid, paru-paru, atau diabetes.

2. Kuku berwarna kecoklatan.

Jika kuku mengalami perubahan warna kecoklatan seperti tahi lalat, itu dapat diindikasikan sebagai penyakit psoriasis kulit.

3. Kuku berwarna putih.

Jika kuku mengalami perubahan warna putih, dan bagian tepi kuku berwarna lebih gelap, itu menandakan menderita penyakit hepatitis.

4. Kuku berwarna kebiruan.

Jika kuku mengalami perubahan warna kebiruan, itu disebabkan karena kekurangan oksigen. Namun, dapat juga disebabkan oleh infeksi paru seperti penumonia, atau kelainan pada jantung.

5. Kuku berwarna kehitaman atau biru gelap.

Jika kuku mengalami perubahan warna kehitaman atau biru gelap, itu merupakan tanda awal melanoma, yaitu salah jenis kanker kulit yang sangat berbahaya.

6. Warna kuku memudar.

Jika warna kuku memudar disertai dengan permukaan kuku yang tidak halus [bergelombang], itu adalah tanda awal penyakit arthritis.

7. Warna kuku pucat.

Perubahan warna kuku menjadi pucat, itu dapat mengindikasikan penyakit liver, anemia, atau bahkan penyakit jantung.

Demikianlah Cara Mendeteksi Penyakit Melalui Warna Kuku, dan semoga bermanfaat.