Mitos Tentang Kesehatan

Bagi anda yang sedang menderita penyakit yang berkaitan dengan artikel ini, sebaiknya pertimbangkan dulu sebelum melakukannya.


Di bawah ini ada beberapa Mitos Tentang Kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Masuk Angin Harus Dikerok

Mitos atau Fakta?
Kerokan merupakan bukan pertanda anginnya keluar, melainkan pecahnya pembuluh kapiler tepi yang berada di kulit.
Jika beberapa saat setelah dikerok, gejala-gejala masuk angin akan kembali terjadi. Kerokan akan menimbulkan rasa sakit, dan karena sudah ada rasa sakit, maka dengan rangsangan sakit yang baru akan menimbulkan rasa seolah-olah rasa sakit pertama berkurang. Lebih banyak orang mengatakan ini adalah Fakta.

2. Angin Duduk Harus Dikerok Atau Dipijat

Mitos atau Fakta?
Ketika menderita angin duduk, sebaiknya jangan dikerok atau dipijat. Ada beberapa kejadian yang berakibat fatal, bahkan berujung kematian ketika dipijat. Hal yang harus dilakukan adalah berobat ke dokter untuk tindakan diagnostik khusus. Itu kemungkinan gejala awal serangan jantung akibat sumbatan darah ke bagian tubuh tertentu. Lebih banyak orang mengatakan ini adalah Fakta.

3. Penderita Campak Tidak Boleh Mandi

Mitos atau Fakta?
Di samping menggunakan obat, penderita penyakit cacar air atau campak dengan kelainan pada kulit, justru harus menjaga kebersihan kulit dengan mandi agar perluasan penyakit dapat dicegah. Kemungkinan hal ini bertentangan dengan prinsip medis. Lebih banyak orang mengatakan ini adalah Fakta.

4. Mandi Malam Hari Menyebabkan Rematik

Mitos atau Fakta?
Sebagian orang mengatakan ini adalah Tidak Benar alias Mitos. Jika kondisi tubuh dalam keadaan sehat, dan memerlukan mandi saat itu untuk kebersihan, tidak ada salahnya meskipun ketika malam hari. Tapi lebih banyak orang mengatakan ini adalah Fakta.

5. Ketika Demam Tidak Boleh Mandi

Mitos atau Fakta?
Ketika demam, suhu tubuh pasti meningkat. Dengan mandi, dapat menurunkan suhu tubuh yang sedang meningkat. Akan tetapi, jika demam disertai dengan menggigil, mandi dengan air hangat akan lebih baik. Lebih banyak orang mengatakan ini adalah Fakta.

6. Memakai Pakaian Tebal Saat Demam

Mitos atau Fakta?
Dengan memakai pakaian tebal saat demam, justru akan menaikkan suhu tubuh. Suhu yang tinggi [39 derajat celsius ke atas] khususnya pada anak-anak, akan mengalami kejang-kejang. Ada baiknya juga mengenakan pakaian tipis meskipun tubuh terasa dingin. Lebih banyak orang mengatakan ini adalah Fakta.

Baca Juga : Cara Buat Gambar Berjalan Di Blog

Itulah beberapa Mitos Tentang Kesehatan, dan semoga bermanfaat.