Minum Kopi Dapat Mencegah Penyakit

Kopi merupakan jenis minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Dan merupakan minuman yang sangat populer di saat bersantai. Baik itu pria, maupun wanita. Kebanyakan orang biasanya meminum kopi untuk menahan rasa kantuk.


Namun, minum kopi sering dikaitkan dengan efek negatif untuk tubuh. Padahal banyak penelitian menyebutkan bahwa minum kopi memiliki efek positif bagi tubuh terutama kesehatan hati.

Dengan minum kopi, dapat membantu mengurangi kerusakan hati yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti: alkohol, virus hepatitis, perlemakan hati nonalkohol, sirosis, dan kanker hati. Serta membantu perbaikan kadar enzim-enzim yang mencerminkan fungsi hati.

Ada beberapa jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan cara minum kopi, diantaranya :

1. Kanker Hati

Beberapa penelitian telah menyebutkan efek posotif kopi terhadap menurunnya resiko kanker hati.
Penelitian yang dilakukan oleh Tanaka et al dan Gelatti et al mengatakan bahwa minum kopi sebanyak 3-4 gelas sehari selama 1-2 tahun, dapat menurunkan resiko kanker hati.

2. Hati Kronis

Penelitian yang dilakukan oleh Modi et al mengatakan bahwa ada hubungan antara konsumsi kopi harian dengan tingkat beratnya fibrosis hati pada orang yang menderita penyakit hati kronis.

Dengan minum kopi sebanyak 2-3 gelas sehari, memiliki efek menguntungkan bagi tubuh. Dan dikaitkan dengan menurunnya angka fibrosis hati. Namun, tidak semua  jenis kopi baik untuk hati. Dan lebih dianjurkan untuk minum kopi yang telah disaring.

3. Sirosis

Penyakit ini merupakan penyakit hati kronis yang dapat menyebabkan kematian.
Ada penelitian mengatakan bahwa minum kopi dua gelas dalam sehari, dikaitkan dengan menurunnya faktor resiko sirosis hingga 44%.
Selain itu, sebuah studi mengatakan bahwa minum kopi sebanyak 2-3 gelas dalam sehari dapat menurunkan resiko sirosis hingga 57%.

Baca Juga : Cara Setting Http Injector Berhasil 100%

Itulah pembahasan tentang Minum Kopi Dapat Mencegah Penyakit, dan semoga bermanfaat.