Tanda-Tanda Penuaan Kulit

Pada umumnya, penuaan kulit akan mulai terlihat pada umur 30 tahun. Namun, pada umur 20 tahunan juga bisa mengalami penuaan awal jika tidak melakukan perawatan dengan benar.

Ketika usia telah berkepala tiga, pembentukan jaringan elastin serta kolagen mulai tak seimbang. Kulit yang tidak dirawat akan kelihatan tua meskipun umur masih muda. Karena tiap 28 hari sekali, beberapa sel kulit mengalami pergantian atau peremajaan dini.


Ada dua penyebab penuaan pada kulit, yakni: penuaan dari dalam dan penuaan dari luar.
Untuk penuaan dari luar, dampak terbesarnya adalah dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari menjadi pemicu utama penuaan kulit.

Seseorang yang sering terpapar sinar matahari akan membuat kulit cepat keriput karena ada perusakan yang lebih cepat pada susunan penunjang kulit, yaitu elastin dan kolagen.
Kolagen rusak karena terdegradasi hingga susunan kulitnya tidak bagus lagi. Jika elastin terserang sinar matahari, akan menebal dan membuat kulit tampak kendur dan muncul kerutan, serta mengakibatkan munculnya plek hitam.

Di bawah ini adalah tanda-tanda penuaan kulit yang biasa dialami, yaitu :

1. Kulit lebih kasar serta bersisik.

Tanda ini terjadi karena susunan minyak yang ada pada kulit jadi menyusut.

2. Kulit berkerut.

Timbulnya kerutan karena menyusutnya serat kolagen dalam kulit. Dan biasanya kerutan muncul pada daerah ekspresi seperti pada pojok bibir, pojok mata, dan pada dahi.

3. Kulit kering.

Kulit kering disebabkan oleh menyusutnya jumlah serta kegiatan kelenjar keringat.

4. Munculnya bercak-bercak pigmen yang tidak rata pada ruang kulit.

Tanda ini terjadi karena pengurangan jumlah sel pembuat pigmen [melanosit] yang menyebabkan sel itu mengalami penurunan, hingga berlangsungnya penumpukan pigmen melanin yang tidak teratur di susunan kulit.

Itulah Tanda-Tanda Penuaan Kulit, dan semoga bermanfaat.