Mitos Atau Fakta Saat Hamil

Sampai sekarang, masih banyak orang percaya terhadap mitos-mitos pada jaman dahulu, dan ada juga yang sudah mengabaikannya. Apakah anda termasuk masih percaya atau tidak?


Berikut adalah beberapa Mitos atau Fakta Saat Hamil

1. Ngidam Tidak Dituruti = Bayi Ngiler

Mitos atau Fakta?
Ngidam merupakan sebuah tanda tubuh ibu hamil membutuhkan zat gizi tertentu. Misalnya ibu hamil ngidam cokelat artinya tubuh memberikan sinyal butuh tambahan gula. Jika ibu hamil ngidam keripik kentang, berarti tubuh sedang membutuhkan asupan garam.


2. Makan Durian Saat Hamil Muda = Bisa Keguguran

Mitos atau Fakta?
Pada buah durian terdapat kandungan zat yang pada kadar tertentu dapat memberi efek terhadap kehamilan. Ada zat Alkohol dan ada juga zat Asam Arakidonat.
Alkohol dapat mengakibatkan gangguan tumbuh kembang janin sehingga bayi lahir dengan BBLR (Berat Badan Lahir Rendah).
Asam Arakidonat merupakan Asam Lemak Omega-6 Cair, yang dalam jumlah kecil penting bagi tubuh manusia. Dan berperan dalam produksi prostaglandin, romboksan, dan leukotrines, serta sangat diperlukan untuk perkembangan otak bayi.


3. Minum Jamu = Lebih Aman Dan Sehat

Mitos atau Fakta?
Dalam pembuatan jamu, ada bahan-bahan jamu tertentu yang mengandung alkohol sehingga dapat mempengaruhi rahim dan membahayakan janin bayi. Jadi tidak semua jamu aman untuk diminum saat hamil.


4. Minum Air Es = Bayinya Besar

Mitos atau Fakta?
Sebanyak apapun minum air es, tidak akan membuat gemuk. Justru harus dihindari apabila minum air es dicampur sirup, gula, krim, susu secara berlebihan. Hal itu dapat membuat ibu hamil gemuk dan berisiko terkena diabetes. Tak hanya itu, bayi yang dilahirkan pun bisa menjadi gemuk dengan berat badan tidak normal. Dan berisiko pada saat persalinan.


5. Makan Daging = Perut Panas Dan Berisiko Keguguran

Mitos atau Fakta?
Jika ibu hamil tidak mempunyai riwayat penyakit kolesterol dan jantung, bisa makan daging tetapi jangan berlebihan. Karena ada beberapa daging yang mengandung lemak sangat tinggi dan tidak baik bagi tubuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh ibu hamil.


6. Makan Dua Kali Lipat = Agar Bayi Sehat

Mitos atau Fakta?
Saat hamil, sangat dianjurkan harus makan dengan asupan gizi seimbang sesuai pedoman gizi untuk ibu hamil. Jadi anggapan yang keliru jika ibu hamil harus makan porsinya dua kali lipat. Justru ini akan menyebabkan berat badan membengkan, janin bayi pun membesar lebih dari normal, dan kondisi ini dapat menyulitkan persalinan.


7. Makan Pedas = Kulit Bayi Kemerahan

Mitos atau Fakta?
Warna kulit kebanyakan tergantung genetik (keturunan) bukan pada jenis makanan yang dikonsumsi ibu hamil. Tapi makan makanan yang pedas bagi ibu hamil dapat memicu kontraksi perut dan bisa membuat sakit perut.


8. Makan Ikan = Bayi Bau Amis

Mitos atau Fakta?
Ikan mempunyai kandungan protein, asam omega 3 dan omega 6 yang tinggi. Ini sangat dibutuhkan janin bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan otaknya.


9. Makan Nanas = Bisa Keguguran

Mitos atau Fakta?
Mungkin ibu hamil dianjurkan untuk tidak makan nanas, terutama nanas muda secara berlebihan. Hal itu karena enzim bromelain yang terkandung di dalam nanas bisa melunakkan daging sehingga janin bayi bisa lepas lantaran belum menempel kuat di dinding rahim. Namun, nanas juga ada manfaatnya. Selain kaya akan vitamin C, seratnya juga dapat mencegah sembelit.


10. Makan Pisang Dempet = Bayinya Dempet Kembar Siam

Mitos atau Fakta?
Kemungkinan kembar siam disebabkan oleh tidak sempurnanya pembelahan sel dan pembentukan organ tubuh sewaktu dalam kandungan. Dan bisa juga dipicu karena asupan gizi ibu saat hamil yang kurang. Jadi tidak ada hubungannya dengan makan pisang dempet.


11. Minum Air Kelapa Hijau = Kulit Bayi Putih

Mitos atau Fakta?
Air kelapa hijau memang baik dikonsumsi karena mengandung vitamin C, asam folat dan vitamin B kompleks. Kandungan gulanya mudah diserap tubuh sehingga cepat mengatasi gerah, mulut kering dan rasa haus yang membuat tubuh ibu hamil akan merasa segar. Tetapi air kelapa hijau juga memiliki kandungan kalium tinggi yang dapat menyebabkan ibu hamil menjadi kembung.


12. Minum Susu Kedelai = Kulit Bayi Putih

Mitos atau Fakta?
Susu kedelai sangat baik bagi tumbuh kembang janin bayi karena kandungan proteinnya. Namun warna kulit mayoritas dipengaruhi oleh faktor keturunan dari kedua orangtuanya.


13. Makan Asam = Mual Hilang

Mitos atau Fakta?
Makanan yang asam dapat menyebabkan maag. Hal ini disebabkan pada saat hamil, asam lambung meningkat dan makanan asam ini justru akan lebih memicu produksi asam lambung.

Baca Juga : Cara Melihat Orang Yang Sering Mengintip Profil Facebook

Itulah beberapa Mitos Atau Fakta Saat Hamil, dan silahkan untuk memahaminya.