Alasan Huruf Keyboard Tidak Berurutan

Pada jaman sekarang ini, banyak pekerjaan dimana kita dituntut harus menggunakan komputer atau laptop. Dan setiap komputer atau laptop harus berhubungan dengan yang namanya Keyboard.

Hampir semua orang membutuhkan keyboard, apa lagi dalam urusan pekerjaan yang melibatkan komputer, laptop atau pun smartphone untuk membuat dokumen penting bagi sebuah perusahaan, instansi tertentu baik formal maupun non-formal. Sehingga fungsi keyboard sudah menjadi kebutuhan penting bagi kehidupan manusia.

Keyboard yang kita gunakan sehari-hari memang tidak dibuat sesuai dengan urutan abjad, namun tanpa disadari kita bisa dengan lancar sekali mengetik di keyboard yang tidak berurutan tersebut. Tentu ada alasan kenapa papan keyboard tidak diciptakan sesuai abjad sehingga membuat kita bisa lebih mudah dalam mengetik.

Keyboard yang sering kita pergunakan sampai saat ini menggunakan susunan huruf QWERTY. Apakah anda pernah berpikir kenapa disusun seperti itu? Dan kenapa tidak menurut abjad saja?



Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan simak Alasan Huruf Keyboard Tidak Berurutan di bawah ini :

Pada tahun 1860-an, seorang berkebangsaan Amerika bernama Christopher Latham Sholes berhasil menciptakan Mesin Ketik atau Mesin Tik. Saat pertama kali diciptakan, keyboard yang digunakan masih mempunyai susunan ABCDEF. 

Namun, seiring dengan meningkatnya kemampuan orang dalam menggunakannya, proses pengetikan pun menjadi lebih cepat. Dan mengakibatkan tombol keyboard sering macet, sehingga memperlambat pekerjaan lantaran mekanisme mesinnya masih sederhana saat itu.

Oleh karena itu, susunan huruf keyboardnya kembali diganti dan membuat kombinasi huruf yang susah yakni QWERTY dengan tujuan agar proses pengetikan menjadi sulit dan lambat. Bahkan ketika Komputer pun diciptakan, mengetik dengan cepat menggunakan susunan huruf ABCDEF pun tidak akan jadi masalah, dan tidak akan membuat tombol keyboard rusak. 

Tapi, karena sudah lama menggunakan susunan huruf QWERTY, dan sudah menjadi kebiasaan, maka tidak perlu lagi diganti ke susunan huruf ABCDEF. Dan keyboard QWERTY telah dinobatkan sebagai keyboard standar internasional pada tahun 1966.

Baca Juga : Minum Kopi Dapat Mencegah Penyakit

Itulah Alasan Huruf Keyboard Tidak Berurutan, dan silahkan untuk lebih memahaminya.