2 Kerugian Root Android

Mendapatkan hak akses superuser atau biasa disebut dengan rooting, memungkinkan pemilik android dapat mengendalikan sepenuhnya perangkat mereka. Apa artinya root android dan apa juga fungsinya?

Baca : Arti Dan Fungsi Root Android

Keistimewaan akses superuser biasanya diupayakan untuk memperluas kemampuan android. Misalnya anda dapat membatasi aktivitas jaringan pada aplikasi, menghapus aplikasi yang mengganggu kinerja android, mempercepat cpu, dan lain-lain.

Dengan rooting android, anda dapat mengontrol penuh android anda. Mulai dari memodifikasi hingga menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus. Di sisi lain, ada beberapa kerugian jika melakukan rooting pada android yang harus anda ketahui. Untuk anda yang belum terbiasa dengan melakukan rooting, anda harus terlebih dahulu mengetahui kerugiannya.

Dan jika anda melakukan kesalahan saat proses rooting, dapat menyebabkan kerusakan pada sistem androidnya. Bahkan bisa berakibat fatal seperti softbrick dan bootloop atau mati total. Android yang sudah diroot juga rentan terhadap virus. Dan yang paling berbahaya adalah saat anda menginstal custom rom, karena bisa saja disematkan virus rom.

Sebagian besar android yang telah diroot banyak ditemukan beberapa masalah, seperti berkurangnya performa android karena harus dipaksa bekerja lebih keras dan melakukan sesuatu di luar kemampuan android itu sendiri, dan membuat android cepat panas saat digunakan.

Jika anda berniat melakukan rooting terhadap smartphone anda, sebaiknya pikirkan dulu matang-matang sebelum melakukannya. Dibalik keuntungan jika melakukan root, pasti ada juga kerugiannya.



Setelah membaca topik ini, anda harus mengetahui juga keuntungannya.

Baca : 8 Keuntungan Root Android

Berikut adalah 2 Kerugian Root Android, yakni :

1. Garansi Smartphone Hilang.


Root itu ibarat segel suatu produk baru. Jika segel produk baru itu rusak, maka produk itu akan diklaim dan garansinya pun bisa hilang. Begitu juga dengan smartphone, jika anda sudah rooting smartphone anda, garansinya pun akan hilang.


Misalnya smartphone anda mengalami kerusakan dan anda membawa ke servis center dengan status smartphone masih ter-root, garansinya akan ditolak dalam arti anda akan membayar penuh biaya servisnya.


Namun jika smartphone anda rusak dan masih bisa dihidupkan, anda bisa melakukan unroot dan melakukan factory reset untuk menghapus semua data aplikasi yang terinstal. Jika proses unroot berhasil, maka secara otomatis garansi akan berlaku kembali.



2. Masalah Keamanan.


Dengan melakukan rooting, aplikasi-aplikasi malware seperti virus atau trojan dapat mudah masuk ke file sistem untuk melakukan pengrusakan dan pencurian data. Sebaiknya anda harus hati-hati menginstal aplikasi yang memerlukan akses root.


Baca Juga : 4 Persiapan Sebelum Nembak Cewek


Itulah 2 Kerugian Root Android, dan silahkan pikirkan baik-baik sebelum melakukan rooting.