Manfaat Kentut Bagi Kesehatan

Kentut atau buang angin merupakan proses alamiah yang sangat penting manfaatnya bagi kesehatan. Dan itu terjadi karena penumpukan gas berlebihan pada tubuh.

Gas itu berasal dari beberapa sumber, seperti : udara yang kita hirup, reaksi dari proses kimia dalam usus, atau dari bakteri yang hidup dalam usus.


Gas yang keluar saat kentut atau buang angin terdiri dari berbagai kandungan yang bervariasi. Sebagian berasal dari udara yang kita hirup yang diserap tubuh sebelum masuk ke dalam usus. Dan ketika udara tersebut masuk ke usus besar, maka yang tersisa adalah nitrogen.

Reaksi kimia yang terjadi antara asam di lambung dan cairan di usus akan menghasilkan karbondioksida, dan itu juga merupakan produk dari bakteri yang hidup dalam usus. Selain menghasilkan karbondioksida, bakteri juga menghasilkan hidrogen dan metana.

Akan tetapi, jumlah gas yang di keluarkan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain seperti apa yang kita makan, berapa banyak udara yang kita hirup, dan jenis bakteri apa yang hidup dalam usus.

Apa yang terjadi pada tubuh jika menahan kentut?

Jika seseorang menahan kentut, akan merasakan beberapa keluhan yang tidak nyaman akibat peningkatan gas dalam tubuh dan pelebaran usus yang menjadi tidak normal. Dan kentut yang ditahan juga dapat menyebabkan seseorang sulit untuk buang air besar.

Tertahannya gas di dalam usus akan menyebabkan tekanan di rongga usus. Dan tekanan itu akan lebih tinggi daripada tekanan parsial di dalam darah. Akibatnya gas tersebut akan masuk ke dalam pembuluh darah yang berada di dingding usus, kemudian beredar ke seluruh tubuh.

Menurut medis, kentut atau buang angin menunjukkan adanya aktivitas usus yang baik. Seseorang yang baru menjalani operasi, terutama operasi yang berhubungan dengan organ di dalam perut, harus menunggu hingga orang yang bersangkutan bisa buang angin sebelum diperbolehkan untuk makan atau minum.

Dan menurut medis juga, kentut atau buang angin bisa menjadi petunjuk bahwa fungsi usus dan organ pencernaan pasien telah berfungsi normal pasca operasi.

Berapa kali kentut yang normal perhari?

Kentut atau buang angin yang normal pada setiap orang adalah 750 ml perhari atau 14 kali perhari.
Namun, karena kentut atau buang angin adalah proses alami yang tidak boleh dicegah, dan harus dikeluarkan, maka keluarkanlah pada tempat yang layak. Dan biasakanlah untuk menjaga etika, agar tidak mengganggu terhadap orang lain.

Demikianlah Manfaat Kentut Bagi Kesehatan, dan semoga bermanfaat.