Cara Gampang Cegah Copy Paste Pada Blog

Tags

Dengan begitu banyaknya orang-orang yang aktif di dunia Blogger, banyak juga diantara mereka yang hanya mengandalkan trik Copy Paste [COPAS] artikel yang mereka posting.

Apakah anda rela membiarkan artikel-artikel yang sudah anda buat dengan susah payah di COPAS oleh orang lain begitu saja? Mungkin ada yang rela, dan ada juga yang tidak rela alias pelit.

Jika anda merasa artikel yang dibuat sangat berarti dan susah payah dalam menulisnya atau anda tidak mau artikel anda di copy paste, anda bisa membuat pengaturannya pada blog atau website anda. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari artikel anda di copy paste oleh orang lain.

Pencurian artikel memang sesuatu hal yang biasa terjadi pada dunia blogging saat ini. Banyak orang yang ingin cepat sukses dalam dunia blogging dengan hanya mengcopy paste artikel-artikel berkualiatas dari blog lain.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, anda hanya perlu menambahkan gadget pada blog dengan kode java script yang sudah saya sediakan di bawah ini. Anda bisa menempatkan kode itu pada artikel yang ingin anda amankan. Bisa ditempatkan pada blog posting, bagian header, bagian footer, bagian sidebar atau terserah dimana yang anda inginkan.


Nah, bagi anda yang pelit dan tidak mau membiarkan artikel-artikel Blog anda di Copy Paste oleh orang lain, saya akan memberikan Cara Gampang Cegah Copy Paste Pada Blog di bawah ini :

Melalui Mode HTML :

1. Masuk ke dasbor blog anda.
2. Pilih "Template".
3. Lalu "Edit HTML".
4. Cari kode <body>.
5. Letakkan kodenya di atas kode <body> tersebut.
6. Dan klik "Simpan Template".

Melalui Tata Letak :

1. Masuk ke dasbor blog anda.
2. Pilih "Tata Letak".
3. Pilih "HTML / Java Script".
4. Masukkan kodenya.
5. Dan simpan.

Kodenya :
<body oncontextmenu='return false' onmousedown='return false' onselectstart='return false' onkeypress='return false'>

Keterangan :
>> Oncontextmenu = "return false" (Mematikan klik kanan pada mouse).
>> Onmousedown = "return false" (Mematikan klik blok ke bawah).
>> Onselectstar = "return false" (Mematikan seleksi)
>> Onkeypress = "return false" (Mematikan tombol keyboard).

Baca Juga : Cara Membuat Kolom dengan HTML


Demikialah Cara Gampang Cegah Copy Paste Pada Blog, dan silahkan untuk mencobanya.